Indonesian Arabic English German Malay

PTA Manado Gelar Rapat Koordinasi dan Pemaparan Materi SMM

28 Feb 2017 0 comment  

 

 

Manado | PTA Manado          

Rapat Koordinasi Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara dengan Pengadilan Agama se Sulawesi Utara telah diselenggarakan pada  pada 21 Februari 2017.

Rakor yang diikuti oleh seluruh Pejabat Struktural dan Fungsional PTA Sulut dan para Pejabat PA se Sulut yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris dan Wakil Panitera diawali dengan penyampaian kebijakan Pimpinan PTA Sulut meliputi kebijakan intra dan ektra kedinasan serta sosialisasi Standarisasi Manajemen Mutu Peradilan Agama dan praktik Tata Naskah Dinas Elektronik oleh Sekretaris Ditjen Badilag Bapak H. Tukiran, S.H, M.M.

Seluruh peserta rakor bersemangat dan bersepakat akan segera melakukan ancang-ancang untuk berpartisipasi aktif dalam mensukseskan pelaksanaan kebijakan Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia berupa Standarisasi Manajemen Mutu (SMM) tersebut.

Dalam paparannya tentang Sistem Manajemen Mutu Peradilan Agama, Sekretaris Ditjen Badilag Bapak H. Tukiran, S.H, M.M menyatakan bahwa latar belakang ditempuhnya SMM antara lain adalah karena ISO saat ini telah berhasil dalam merubah pola pikir dan budaya kerja yang sangat positif dan lebih baik dalam rangka meningkatkan kinerja aparatur Peradilan Agama.

Sedangkan SMM itu digagas oleh Badilag adalah guna menyempurnakan ISO 9001-2008 dan 9001-2015 yang telah dihasilkan oleh beberapa Pengadilan Agama. adapun tujuan penerapan Pedoman Sistem Manajemen Mutu (SMM) adalah untuk mewujudkan Performa/Kinerja Peradilan Indonesia khususnya Peradilan Agama yang unggul/prima.

Lebih lanjut Sekretaris Badilag menegaskan, bahwa SMM bagi PTA adalah sebagai sarana pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen mutu, yang meliputi:

  1. Administrasi Manajemen
  1. Sistem Manajemen Mutu Kesekretariatan
  2. Sistem Manajemen Mutu Kepaniteraan dan
  3. Serta Penerapan Manajemen Risiko

Sedangkan bagi Pengadilan Agama, SMM bermanfaat untuk memberikan keunggulan kompetitif antar Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iah dalam hal:

—  Menjamin pelayanan peradilan yang berkualitas

—  Meningkatkan pendidikan pada staf

—  Meningkatkan pengelolaan risiko

—  Membangun dan meningkatkan kinerja antar staf

—  Menghindari variasi dalam pelayanan, ketepatan pendokumentasian, dan konsistensi dalam bekerja

—  Sebagai panduan bagi pegawai yang baru mutasi pada pengadilan agama/mahkamah syar’iah

—  Meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam bekerja

Setelah panjang lebar menjelaskan rencana SMM yang akan dilaunhcing pada bulan Maret 2017 tersebut, Sekretais Badilag melanjutkan dengan praktek penggunaan aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik  yang segera akan dilaksanakan di Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara.

LOMBA KINERJA

Rangkaian acara penutupan Rakor juga diselingi dengan Pengumuman Hasil Penilaian Lomba Kinerja Pengadilan Agama sewilayah Sulawesi Utara tahun 2017 oleh Ketua Panitia Lomba Kinerja Drs. H. Muhammad Yanas, SH., MH. Berikut pengumuman hasil lomba kinerja PA se Wilayah Sulut.

Pengadilan Agama TONDANO meraih Juara pada 3 Kategori (Administrasi Kepegawaian, Website dan SIPP), Pengadilan Agama MANADO juga meraih 3 juara pada 3 kategori (Administrasi Persidangan, Kebersihan Kantor dan Pelayanan Publik) adapun Pengadilan Agama yang lain masing-masing meraih juara pada 1 kategori, Pengadilan Agama Bitung (Administrasi Perkara), Pengadilan Agama Kotamobagu (Tata Persuratan), Pengadilan Agama Amurang (Pemanfaatan SIKEP) dan Pengadilan Agama Tahuna (Administrasi Keuangan). Dengan hasil tersebut Ketua PTA Sulawesi Utara Mengumumkan bahwa juara Umum diraih oleh Pengadilan Agama Tondano.

Ketua PTA Sulawesi Utara berharap dengan hasil lomba tersebut kekompakan dan etos kerja dikantor dapat meningkat serta menumbuhkan solidaritas antar sesama untuk kemajuan bersama

sumber : pta-manado.go.id

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu