Indonesian Arabic English German Malay

Ketua PTA Manado Hadiri Launching Aplikasi LIP-O dan SI BIJAK

23 Jul 2018 0 comment  

 

  

Peluncuran atau launching aplikasi penunjang layanan Pengadilan agama dilakukan jumat (20/7) bertempat di Pengadilan Agama (PA) Kotamobagu dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Manado Drs. H. M. Alwi Mallo., M.H. Aplikasi berbasis web yang di-launching tersebut adalah Layanan Informasi Perkara Online (LIP~O) dan Sistem Informasi Biaya Panjar Perkara (SI BIJAK). Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengetahui informasi panjar biaya perkara di PA Kotamobagu dan memberikan jawaban atas pertanyaan para pencari keadilan tanpa harus datang ke PA Kotamobagu.

Kedua aplikasi tersebut dapat langsung di akses di website Pengadilan Agama Kotamobagu www.pa-kotamobagu.go.id. Aplikasi ini merupakan hasil/karya salah satu Calon Hakim angkatan VIII tahun 2018 atas nama M. Saekhoni, S.Sy bersama Tim IT PA Kotamobagu. “Ini adalah hal yang diinginkan oleh jajaran pimpinan Mahkamah Agung yaitu adanya inovasi atau terobosan-terobosan dalam pelayanan. Diharapkan setelah adanya SAPMini, akan bermunculan inovasi-inovasi yang lain dalam pelayanan Publik”, tutur Ketua PTA Manado saat mengakhiri kegiatan pembinaan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Drs. H. Rahmatullah, M.H, selaku Ketua PA Kotambogu juga turut menyampaikan komitemennya untuk mengembangkan aplikasi “LIP~O dan SI BIJAK”.

“Aplikasi ini tentu saja masih jauh dari sempurna namun kami akan sesantiasa berupaya semaksimal mungkin untuk menyempurnakan aplikasi ini mengingat manfaatnya akan dirasakan langsung oleh para pencari keadilan”, imbuhnya.

 

Di kesempatan yang sama, sebelum acara launching dilakukan, Ketua PTA Manado menyampaikan pembinaan kepada seluruh pegawai di lingkungan PA Kotamobagu. Drs. H. M. Alwi Mallo., M.H mengingatkan tentang tugas dan tanggung jawab selaku Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dirinya pun tak lelah untuk selalu mengingatkan tentang apa yang disampaikan oleh Ketua MA RI pasca pelantikan yaitu agar memperhatikan Perma No 7 Tahun 2016 Tentang Disiplin Hakim, Perma No.8 Tahun 2016 Tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung dan Perma No. 9 Tentang Pedoman Penanganan Pengaduan serta Maklumat Mahkamah Agung No 1 tahun 2017.

“Akhir-akhir ini banyak yang memantau kinerja dari Peradilan di Indonesia tak kecuali kinerja dari Pengadilan Agama Kotamobagu sebab pegawai Pengadilan salah satu yang mendapatkan tunjangan yang besar dari APBN”, imbuhnya.

Pengawasan yang dilakukan oleh Mahkamah Agung terhadap pengadilan yang berada dibawahnya dilakukan dengan cara mengirimkan delegasi yang berasal dari pusat untuk memantau kinerja pengadilan. Terutama tentang kedisiplinan pegawai pengadilan, untuk itu mari kita selalu meningkatkan kedisiplinan di lingkungan kerja kita agar sewaktu-waktu ada pengawasan kita siap setiap saat.

Pasca Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) di mana Pengadilan di wilayah yuridiksi PTA Manado yaitu PAKotamobagu, PA Bitung dan PA Amurang yang telah ikut serta dalam sertifikasi APM dihimbau oleh Ketua PTA Manado untuk selalu meningkatkan pelayanan dan perbaikan secara berkesinambungan dan berkelanjutan agar pelayanan terhadap masyarakat dapat dilakukan secara maksimal.

 

  

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu