BANNER PA

Written by Irawati Mustafa, S.H.I on . Hits: 32

KULTUM RAMADHAN PA.KTG: RESAPI SEJARAH DAN ESENSI PUASA

OLEH USTAD.TEDDY LAHATI,SHI,MH

Memasuki hari ke-14 bulan Ramadhan 1442 Hiriyah, sebagaimana rangkaian Kegiatan Amaliah Ramadhan pada hari sebelumnya, setelah selesai melakukan shalat Dzuhur berjamaah dilanjutkan kegiatan Kultum Ramadhan. Dalam kesempatan tersebut Hakim PA Kotamobagu,Teddy lahati,SHI,MHmendapat jadwal untuk memberikan tausiyah dengan materi “Sejarah dan Esensi  Puasa”.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 14.40.41

Di awal kultum, Ustad Teddy,sapaan akrab hakim Pengadilan Agama Kotamobagu tersebut mengajak kepada seluruh pegawai PA Kotamobagu untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT atas segala limpahan nikmat,sehingga masih diberikan kesempatan untuk beribadah di bulan puasa.Kemudian melanjutkan dengan menjelaskan sejarah puasa yaitu:

1.Puasa 3(tiga)hari atau ayyamul bidh,  nama Ayyamul Bidh berdasarkan kisah Nabi Adam turun ke Bumi. Ketika Nabi Adam diturunkan ke Bumi, tubuhnya terbakar matahari dan tubuhnya menjadi gosong. Kemudian Allah memberi wahyu agar Nabi Adam berpuasa selama tiga hari.

2.Puasa 40 (empat puluh) hari, Nabi Musa, sebelum menerima wahyu,Kitab Taurat, juga diceritakan berpuasa selama 40 hari 40 malam di Bukit Sinai (Tursina). Ia menerima wahyu langsung dari Allah SWT tanpa perantara Malaikat Jibril, dan karenanya menyandang gelar Kalimullah (orang yang diajak bicara langsung oleh Allah).

3.Puasa Ramadhan, puasa Ramadhan diwajibkan kepada Nabi Muhammad SAW dan umatnya pada bulan Syaban tahun kedua Hijriah. Kala itu Rasulullah mulai membangun pemerintahan yang berwibawa di Madinah. Puasa sangat penting artinya dalam membentuk manusia yang dapat menerima dan melaksanakan tugas-tugas besar dan suci.Perintah berpuasa ini ada dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai, orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

WhatsApp Image 2021 04 26 at 14.40.53WhatsApp Image 2021 04 26 at 14.41.35

Selanjutnya beliau menjelaskan hikmah dari puasa dan mengajak agar seluruh warga Pengadilan agama Kotamobagu dapat memahami esensi puasa yaitu untuk meningkatkan keimanan untuk meraih keberkahan dan semoga kita semua mendaptkan dan dapat menjemput Malam Lailatur Qadar.Dan selanjutnya diakhiri dengan diskusi Fiqih yang dipimpin oleh Wakil.Ketua PA.Kotamobagu,Amran Abbas,S.Ag,MH,dimana dalam diskusi tersebut membahas permasalahan yang sering dialami pada bulan ramadahan.(TimIT.PA.KTG)