Pengadilan Agama Kotamobagu

BAKTI SOSIAL PENGADILAN AGAMA KOTAMOBAGU

13 Mei

61
Written by Irawati Mustafa S.H.I

Bakti Sosial Pengadilan Agama Kotamobagu di Bulan Ramadhan

foto1

Pada hari Jumat tanggal 10 Mei 2019 M bertepatan dengan tanggal 5 Ramadhan 1940 H pukul 09.00 pagi Keluraga Besar Pengadilan Agama Kotamobagu melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pemberian santunan kepada anak-anak yatim piatu di Yayasan Ar-Rahman “Pesantren Hidayatullah” yang beralamat di Kelurahan Mongkonai, Kota Kotamobagu. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan-kegiatan keagamaan Pengadilan Agama Kotamobagu di bulan suci ramadhan selain sholat dhuhur berjamaah, Kultum dan buka bersama. Bakti Sosial ini terlaksana atas niat dan kerjasama yang baik dari seluruh Pegawai Pengadilan Agama Kotamobagu. Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Kotamobagu. Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotamobagu Bapak Drs. Mufi Ahmad baihai, MH. Secara simbolis memberikan santunan berupa bahan pokok kepada Pengurus Yayasan Ar-Rahman “Pesantren Hidayatullah” dan membagikan bingkisan buat anak-anak di Pesantren. Bapak Wakil Ketua PA Kotamobagu dalam penyampaiannya bahwa semoga bantuan ini bermanfaat dan barokah untuk seluruh yang ada di Pesantren ini, dan Pengurus Yayasan Ar-Rahman “Pesantren Hidayatullah” mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya serta mendoakan semoga keluarga besar Pengadilan Agama Kotamobagu mendapatkan berkah dari sedekah ini.

foto2

Santunan Anak Yatim Piatu ini bertemakan ‘Berkhidmat Menebar Kebaikan untuk Ramadhan Berkah” dalam tema ini terselip harapan agar setiap amalan yang kita lakukan sekecil apapun diniatkan hanya untuk mendapat ridho Allah SWT sehingga memperoleh keberkahan. Dan demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin, yaitu dermawan. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan bahkan memberi contoh/tauladan kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah. Ketahuilah bahwa kedermawanan adalah salah satu sifat Allah SWT, sebagaimana di dalam sebuah hadits yang berbunyi :

‏إناللهتعالىجواديحبالجودويحبمعاليالأخلاقويكرهسفسافها

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, dan mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, dan membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albanidalam Shahihul Jami’, 1744).

Dari hadits di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Allah sendiri mempunyai sifat Maha Pemurah/Maha Memberi seharusnya kita sebagai hamba juga memliki sifat dermawan dan Allah membenci akhlak yang buruk karena bukanlah akhlak seorang mukmin sejati (pelit dan bakhil). Semoga agenda ini bisa terus dilaksanakan oleh Kelurga Besar Pengadilan Agama Kotamobagu di tahun-tahun berikutnya.

3

 

 

 

Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Pengadilan Agama Kotamobagu

20 Mei

64
Written by Irawati Mustafa S.H.I

Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Pengadilan Agama Kotamobagu

Kamis (16/05/2019), Keluraga Besar Pengadilan Agama Kotamobagu melaksanakan acara buka puasa bersama. Kepanitiaan buka puasa bersama ini di ketuai oleh Drs. H. Mal Domu, SH. MH. menyiapkan acara dengan matang sehingga diharapkan berlangsung lancar dan sukses. Acara dihadiri Keluarga Besar Pengadilan Agama Kotamobagu, dan para tamu undangan antara lain Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu beserta keluarga, Kepala KPPN Kotamobagu beserta keluarga, Ketua dan Wakil Ketua serta Pegawai PA Tondano, serta para pimpinan dan karyawan Pengadilan Agama Lolak, Tutuyan, Boroko. Susunan acara terdiri dari Pembukaan, Sambutan Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotamogau, Pemberian Tali Asih kepada para purnatugas dan Tausiah oleh Hakim PA Kotamobagu yang diakhiri dengan Zikir dan doa.

bukber001

Acara buka bersama bertempat di ruang sidang I dan ruang sidang II serta ruang tunggu sidang PA Kotamogau. Acara berlangsung tepat pukul 17.00 WIB acara dibuka oleh Ibu Silvia Djafar, S. Kom sebagai pembaca acara dengan membaca basmallah bersama-sama. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotamogau Drs. Mufi Ahmad Baihaqi, MH. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Kotamogau menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Kotamobagu yang telah bersedia menyiapkan segala sesuatunya untuk menyukseskan acara buka bersama ini dan bersedia meluangkan waktu untuk dapat berkumpul bersama. Beliau berharap semoga kebersamaan dan kekeluargaan ini senantiasa selalu terjalin dan terjaga dengan baik.

bukberwaka

Selanjutnya dalam buka puasa bersama ini dilaksanakan juga pemberian tali asih kepada para pegawai purna tugas Pengadilan Agama Kotamobagu

bukberalumni.

Kemudian acara dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan oleh Bapak Nur Ali Renhoat, S.Ag. Dalam tausyiah singkatnya Hakim Pengadilan Agama Kotamobagu menyampaikan sebuah kisah dari tabi’in yang intinya bercerita tentang seorang pemuda sholeh bernama Tsabit bin Ibrahim yang menemukan sebuah apel di sungai dan memakannya karena merasa bersalah telah memakan apel tersebut maka dia mencoba untuk mencari pemilik buah apel tersebut dan singkat cerita dia bertemu dengan pak tua si pemilik apel tersebut dan hendak menebus kesalahannya tersebut dengan cara/jalan apapun. Pak tua tersebut yang ternyata tinggal dengan putrinya yang buta, tuli, bisu dan lumpuh dan hendak menjodohkannya dengan pemuda tersebut. Tanpa piker panjang pemuda tersebut tawaran tersebut, namun alangkah terkejutnya begitu sah menikah dan melihat putrid tersebut alangkah cantiknya buta yang dimaksud tidak pernah melihat hal yang diharamkan, tuli maksudnya tidak pernah mendengarkan hal-hal buruk/diharamkan, bisu maksudunya tidak pernah mengucapkan hal yang diharamkan hanya untuk melafadzkan kalam Allah, lumpuh maksudnya kakinya hanya untuk berjalan ke hal yang baik saja. Alhamdulillah semua hadirin sangat menikmati tausyiah yang disampaikan, sehingga tidak terasa beduk tanda berbuka berkumandang. Maka seluruh hadirin langsung berbuka puasa dengan membaca doa berbuka yang dipimpin Ustadz oleh Sjaogil Ahmad, S.H.I., M.H.

bukberalibukber003bukber01


Setelah para hadirin berbuka awal dengan mencicipi minuman dan kue, acara dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah kemudian makan besar bersama. Setelah masuk waktu sholat isya semua hadirin bergegas memasuki ruang sidang II Pengadilan Agama Kotamogau yang telah rubah menjadi tempat untuk melaksanakan sholat isya dan taraweh berjamaah. Sholat Isya dan Taraweh berjamaah di pimpin oleh Imam Bapak H. Yusuf Dany Pontoh, S.Ag. MH. (Panmud Permohonan PA Kotamobagu sekaligus Ketua MUI Kotamobagu). Alhamdulillah rangkaian acara buka puasa bersama Keluraga Besar Pengadilan Agama Kotamogau berjalan dengan hikmat, lancer dan sukses. (TIM IT PA KTG).

KULTUM RAMADHAN PENGADILAN AGAMA KOTAMOBAGU

08 Mei

31
Written by Irawati Mustafa S.H.I

KULTUM RAMADHAN PENGADILAN AGAMA KOTAMOBAGU

kultumawal

Senin, 06 Mei 2019 Miladiyah bertepatan dengan tanggal 1 Ramadhan 1440 Hijriyah, bertempat di Mushola Pengadilan Agama Kotamobagu, Keluarga Besar Pengadilan Agama Kotamobagu mengadakan kegiatan ibadah sholat dzuhur berjamaah dan Kultum (kuliah tujuh menit). Kegiatan ini sudah berlangsung secara rutin setiap tahunnya di bulan suci ramadhan dan sebagaimana jadwal kultum yang telah disusun, yang bertugas menjadi penceramah pada hari pertama puasa adalah Bapak Drs. Mufi Ahmad Baihaqi, M.H (Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotamobagu), dimana kegiatan ini juga sejalan dengan agenda Bapak Wakil Ketua Pengadilan Agama Kotamobagu, yang menginginkan aparatur pengadilan menjalankan ibadah puasa yang lebih berkualitas secara jasmani dan rohani sehingga berjalan beriringan antara kewajiban ibadah puasa dan kewajiban mejalankan pekerjaan sehingga Bapak Wakil mengintruksikan bagi seluruh pegawai PA Kotamobagu untuk mengikuti ibadah sholat dzuhur berjamaah yang dilanjutkan dengan Kultum.

kultum1

 

Di dalam ceramahnya Bapak Wakil Ketua PA Kotamobagu yang pada intinya membahas isi kandungan Surat al Baqarah Ayat 183 yang Artinya :      “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Dan Hadits Nabi SAW yang berbunyi :

 عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :من صام رمضان إيمانا واحتسابا ، غُفر له ما تقدم من ذنبه.  (رواه الشيخان)

Artinya: Dari Abu Hurairah ra. berkata: Nabi saw bersabda: "Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan dengan Iman dan berharap pahala dari Allah niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (Muttafaqun 'alaih : Al Bukhari No. 38 dan Muslim No. 760).

kultum3

"Hakikat Puasa tidak hanya semata menahan lapar dan dahaga, akan tetapi juga dapat meningkatkan kualitas keimanan diri kita menjadi lebih baik (apa yang diucapkan itu yang dilakukan dan yang dilakukan sesuai apa yang diucapkan) dan lebih mendekatkan kita kepada Allah SWT/taqorrub ilallah seperti menjauhkan diri dari sifat dan perbuatan buruk yang membuang-buang waktu percuma seperti lagho, ghibah dan marah-marah/umpatan, dan semoga dengan rasa ikhlas dalam menjalankan ibadah puasa ini, dapat membuat kita termasuk umat yang bertaqwa (derajat paling tinggi di sisi Allah) dan menjadi orang-orang yang beruntung dimana dosa-dosanya diampuni Allah SWT”.(arh/timredaksi pa kotamobagu)