DISKUSI HUKUM DI PENGADILAN AGAMA KOTAMOBAGU

DISKUSI HUKUM DI PENGADILAN AGAMA KOTAMOBAGU

Written by Irawati Mustafa S.H.I

DISKUSI HUKUM DI PENGADILAN AGAMA KOTAMOBAGU

Guna melaksanakan kebijakan Instruksi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Pengadilan Agama Kotamobagu dalam program kerjanya memasukan program pelaksanaan Diskusi Hukum. Tujuan dari diskusi hukum itu sendiri adalah untuk peningkatan kualitas SDM warga peradilan. Dengan semakin kompleksnya jenis perkara atau permasalahan yang ditangani oleh Pengadilan Agama Kotamobagu, maka dengan mengkaji permasalahan-permasalahan hukum yang dalam perkembangannya sangat pesat di era digital saat ini semoga ada input yang positif.

diskusi1

]

Bertempat diruang sidang Paloko, pada hari Senin, 08 Juli 2019, diskusi hukum berlangsung dengan tema "Mediasi Di Pengadilan” yang dibawakan oleh Bapak Wakil Ketua PA Kotamobagu Drs. Muslim, MH. Diskusi yang direncakan rutin setiap satu bulan sekali diikuti oleh Wakil Ketua, Para Hakim, Panitera, Sekretaris dan Seluruh Pejabat Struktural, Fungsional serta seluruh jajaran pegawai dan honor Pengadilan Agama Kotamobagu.

Acara diskusi dimulai tepat pukul 09.00 WITA dipimpin oleh Moderator Drs. Abdul Haris Makaminan (Panitera PA Kotamobagu), serta Notulen Hisbun Bangol, S.Ag. (Sekretaris PA Kotamobagu). Dipimpin oleh moderator diskusi hukum dibuka dengan bersama-sama membaca basmallah. Pemateri dalam paparannya menyampaikan bahwa pada prinsipnya Mediasi adalah hal yang wajib bagi setiap perkara perdata yang diajukan di Pengadilan Agama jika dihadiri oleh pihak-pihak berperkara, sebagaimana Pasal 154 Rbg dan Perma Nomor 1 Tahun 2016 tentang Mediasi di Pengadilan serta SK KMA Nomor 108 Tahun 2016 Tentang Tata Kelola Mediasi Di Pengadilan. Namun terdapat pengecualian seperti dalam perkara isbath nikah, dispensasi kawin dan sebagainya tidak dilakukan mediasi. Pemateri juga menyampaikan hakikat mediasi itu sendiri, dan Mediator harus bisa merencanakan dan merancang mediasi agar berhasil atau bisa dikatakan punya trik khusus agar mediasi berhasil.

diskusi2

Acara diskusi semakit hangat setelah sesi tanya jawab dibuka, para peserta diskusi sangat antusian dengan berbagai pertanyaan dan kasus kasus yang berkembang dalam penanganan perkara dan dalam memediasi para pihak serta permasalahan hukum yang berkembang di tengah-tengah masayarakat, salah satu yang menarik adalah pertanyaan dari Ustadz H. Yusuf Dany Pontoh, S.Ag.,M.H. (Panmud Permohonan sekaligus Ketua MUI Kotamobagu) beliau menanyakan kaitannya dengan mediasi diluar persidangan yang dilakukan/melibatkan Hukum Adat Mongondow (Suku Asli Bolaang Mongondow Raya), dan secara tegas Pemateri menjawab selama hal tersebut memberikan nilai dan berdampak positif demi keberhasilan mediasi tidak ada larangan, namun tetap aturan dan tenggang waktunya diikat oleh peraturan perundang-undangan yang ada seperti di Perma No 1 Tahun 2016.

diskusi3adiskusi3b

Akhirnya tidak terasa diskusi berlangsung selama dua jam setengah dan berakhir tepat pukul 11.30 Wita. Diskusi selanjutnya akan dilaksanakan bulan depan dengan pemateri dan tema yang lain sebagaimana jadwal yang ada. Dengan ucapan hamdallah bersama-sama yang dipimpin oleh Moderator diskusi hukum PA Kotamobagu ditutup. (Tim IT PA Ktg)