PENGADILAN AGAMA KOTAMOBAGU MELAKSANAKAN SIDANG KELILING

PENGADILAN AGAMA KOTAMOBAGU MELAKSANAKAN SIDANG KELILING

Written by Irawati Mustafa S.H.I

PENGADILAN AGAMA KOTAMOBAGU MELAKSANAKAN SIDANG KELILING

Kotamobagu, Kamis (18/07/2019) Pengadilan Agama Kotamobagu melaksanakan Sidang Keliling untuk kali pertama, yang pelaksanaannya bertempat di Kantor Urusan Agama Kotamobagu Barat yang terletak di Jalan Adampe Dolot, Kelurahan Molinow, Kecamatan Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pengadilan Agama Kotamobagu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan serta untuk mengimplementasikan asas peradilan, yaitu sederhana, cepat dan biaya ringan.

Berdasarkan Surat Keputusan Wakil  Ketua Pengadilan Agama Kotamobagu Nomor : W18-A2/44/Hk.04/VII/2019 tanggal 1 Juli 2019 tentang Pembentukan Tim Pelaksana Sidang Keliling Tahun Angaran 2019. Tim yang terdiri dari Drs. Muslim, M.H. sebagai Ketua Majelis, Sri Rahayu Damopolii, S.Ag.,M.H. dan Rokiah Mustaring, S.H.I masing-masing sebagai Hakim anggota, dan Drs. Abdul Haris Makaminan dan Emila Gonibala, S.H.I sebagai Panitera Pengganti, Mustar Hakim, sebagai Jurusita serta dibantu oleh seorang admin Silvia Djafar, S.Kom dan driver Muhammad Arif.

sidkel1

Untuk tahap awal pelaksanaan sidang keliling, memang belum banyak perkara yang ditangani yaitu ada 3 perkara karena masyarakat belum banyak yang mengetahui informasi tentang sidang keliling ini. Diharapkan untuk kedepannya masyarakat dapat memanfaatkan dengan adanya pelayanan sidang keliling yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Kotamobagu.

Pelaksanaan Sidang Keliling PA Kotamobagu Tahun 2019 kali ini bertempat di Gedung Kantor Urusan Agama Kotamobagu Barat, rombongan Tim Sidang Keliling disambut dengan hangat oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kotamobagu Barat Bapak Hi. Irpan, S.Ag. dan dan Ketua Tim Bapak Wakil Ketua PA Kotamobagu menyampaikan maksud dan tujuan Tim datang sebagaimana surat pemberitahuan sebelumnya kepada Kepala KUA Kotamobagu Barat, dan Bapak Kepala KUA mempersilahkan untuk menggunakan aula pernikahan untuk menjadi tempat persidangan.

sidkel2

Dalam sidang keliling tata cara persidangan sama persis seperti pada sidang di kantor Pengadin Agama, dimulainya dari pemanggilan, pemeriksaan persidangan, pembacaan putusan yaitu hukum acaranya yang dipakai sama, yang membedakan hanya tempat persidangannya. Menurut para pihak yang mengajukan perkara yang sempat diwawancarai menilai bahwa melalui program sidang keliling ini sangat membatu masyarakat yang berperkara, karena jarak lebih dekat jika dibandingkan untuk bersidang di Kantor Pengadilan Agama Kotamobagu. Proses persidangan dan waktu tunggu juga tidak lama karena jumlah perkara yang disidangkan lewat sidang keliling tidak terlalu banyak.

sidkel3

Selanjutnya Sidang Keliling ini akan berlangsung beberapa kali dengan Majelis Hakim yang berbeda dan waktu yang berbeda pula sebagaimana SK dan jadwal yang telah di susun dan diagendakan, semoga dengan program sidang keliling ini dapat banyak membantu para pencari keadilan. (Tim IT PA Ktg)