Sejarah Pengadilan

SEJARAH SINGKAT PENGADILAN AGAMA KOTAMOBAGU

Written by Admin

SEJARAH SINGKAT PENGADILAN AGAMA KOTAMOBAGU

Kota Kotamobagu adalah salah satu kota di provinsi Sulawesi UtaraIndonesia. Kota ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2007 pada tanggal 2 Januari 2007.

Kota Kotamobagu merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bolaang Mongondow yang bertujuan untuk memajukan daerah, membangun kesejahteraan rakyat, memudahkan pelayanan, dan memobilisasi pembangunan bagi terciptanya kesejahteraan serta kemakmuran rakyat totabuan.

Secara geografis terletak di antara 0° Lintang Utara dan membentang dari Barat ke Timur di antara 123° – 124° Bujur Timur, berbatasan dengan:

Utara

Kecamatan Bilalang, Kabupaten Bolaang Mongondow

Selatan

Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow

Barat

Kecamatan Passi Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow

Timur

Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur

Di Kotamobagu, Hukum Islam dikenal sekitar tahun 1990 sejak agama islam mulai dikenal di kalangan raja kemudian meluas ke masyarakat Bolaang Mongondow.

Setelah tahun 1946 Bolaang Mongondow bergabung dengan daerah Gorontalo (yang pada waktu itu sudah memiliki Kantor Urusan Agama) dan dibagi menjadi tiga wilayah yakni, Bolaang Mongondow Utara, Tengah dan Selatan. Kemudian dibentuklah KUA wilayah yang di dalamnya sudah ada Hakim Agama yang menangani masalah rumah tangga.

Pada tahun 1955 melalui Raja pada saat itu D.C Manoppo diusulkan agar Kantor KUA tidak lagi bergabung dengan daerah Gorontalo melainkan berdiri sendiri, kemudian keluarlah SK Penetapan dari Menteri Agama RI Nomor 5 tahun 1958. Pada saat itu penyelesaian masalah dan tugas Pengadilan Agama sudah dapat di selesaikan di Departemen Agama Bolaang Mongondow.

Pada tanggal 1 September 1962 secara resmi terbentuklah Pengadilan Agama/Mahkamah Syari’ah Kotamobagu yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama pertama yaitu Bapak K. M. Yoesoep Ontowiryo.