BANNER PA

Written by PA Kotamobagu on . Hits: 101

logo

KEBERADAAN POSBAKUM

PENGADILAN AGAMA KOTAMOBAGU


 

Pelaksanaan POSBAKUM di Pengadilan Agama Kotamobagu

Pos Bantuan Hukum (Posbakum) merupakan lembaga pemberian jasa hukum yang difasilitasi oleh negara melalui pengadilan agama, bertugas memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma bagi masyarakat pencari keadilan yang tidak mampu. Petugas Posbakum bisa dari advokat, sarjana hukum dan sarjana syariah yang tergabung dalam lembaga profesi advokat maupun LBH perguruan tinggi sebagaimana diatur dalam SEMA Nomor 1 Tahun 2014.

Layanan hukum meliputi informasi, konsultasi, dan advis hukum serta pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Posbakum telah berjalan sejak 2010, namun baru 2018 PA Kotamobagu mendapatkan anggaran dari Mahkamah Agung untuk mengelola Posbakum.

Pada tahun 2020 Pengadilan Agama Kotamobagu bekerjasama dengan Konsultan Hukum dari Organisasi Lembaga Bantuan Hukum Bolaang Mongondow Raya (LBH BMR) yang ditandai dengan penandatanganan Kontrak pada tanggal 17 Januari 2020 dengan Nomor W11-A13/409/HK.05/1/2020 .


Pengadilan Agama Kotamobagu memberikan layanan bantuan hukum bebas biaya (gratis) melalui Pos Bantuan Hukum (Posbakum) kepada masyarakat luas pencari keadilan.
Layanan Posbakum Meliputi:
1. Konsultasi hukum.
2. Penyediaan Advokat (penasehat hukum) untuk kasus pidana dan perdata.
3. Pembebasan biaya perkara untuk kasus pidana maupun perdata.
4. Sidang keliling.

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui meja informasi, leafler dan langsung mendatangi ruangan Posbakum di Pengadilan Agama Kotamobagu.

 

No  Nama Lembaga Alamat Tahun Kerja Sama MOU
1 Lembaga Bantuan Hukum Bolaang Mongondow Raya Jln. Mimosa No.74. A, Kelurahan Mogolaing, Kota Kotamobagu 2020 DOWNLOAD
2 Lembaga Bantuan Hukum Bolaang Mongondow Raya  Jln. Mimosa No.74. A, Kelurahan Mogolaing, Kota Kotamobagu 2021 DOWNLOAD